Selamat Datang Di Website UPTD Puskesmas Lubuk Rukam

Jumat, 23 November 2018

PROGRAM KESEHATAN TRADISIONAL


Pelayanan kesehatan tradisional adalah penerapan kesehatan tradisional yang memanfaatkan ilmu biomedis dan biokulturai dalam penjelasannya serta memanfaatkan dan keamanannyaterbukti secara ilmiah. Pengobatan tradisional merupakan salah satu upaya pengobatan dan/ atau perawatan cara lain di luar ilmu kedokteran dan/ ilmu keperawatan yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan.
          Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-menurun, berdasrakan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, da kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat , baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkan efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.
          Beberapa perusahaan mengolah obat-obatan tradisional yang dimodifikasi lebih lanjut. Bagian dari obat tradisional yang bisa dimanfaatkan adalah akar, rimpang, batang, buah, dan, dan bunga. Bentuk Obat tradisional yang banyak dijual dipasar dalam bentuk, kapsu, serbuk, cair, simplisia dan tablet.



   KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN


NO
KEGIATAN POKOK
RINCIAN KEGIATAN
1.

Pendataan

Pendataan penyengat tradisioanl/pengobat tradisional
2.
Pembinaan
Pembinaan penyehat tradisional/ pengobat tradisional
3.
Sosialisasi
Sosialisasi Obat-obat tradisional dan manfaatnya(TOGA)

PELAKSANAAN
a.    Kegiatan pendataan dan pembinaan BATRA ini terlaksana di pelayanan kesehatan pengobatan tradisional keluarga dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan melalui kegiatan pendataan dan pemantauan.
b.   Pembinaan pada pengobat tradisional mengenai pengobatan obat tradisional dan penggunaan obat tradisional di lingkungan wilayah kerja UPTD Puskesmas Lubuk Rukam.



1. Pendataan








2. Pembentukan Pemanfaatan tanaman Obat Keluarga (TOGA)
















3. Penilaian Tingkat Puskesmas Kabupaten Ogan Komering Ulu






Tidak ada komentar:
Write komentar

UPTD Puskesmas Lubuk Rukam

UPTD Puskesmas Lubuk Rukam

UPTD Puskesmas Lubuk Rukam

UPTD Puskesmas Lubuk Rukam